Rabu, 21 Desember 2011

Cowok Keren, Taat Aturan??

by kang ian 

namanya isbal kaya gini
Isbal apa sih? Baru denger ya? Kasiaaan hehe. Isbal itu artinya kira-kira memanjangkan pakaian hingga di bawah mata kaki. Jadi harus pake celana ngatung bin cingkrang gitu? Kaya kebanjiran aja. Hehe y gak harus ngatung-ngatung amat kaya celana pencak silat. Yang penting jangan melewati mata kaki kita. Apalagi sampe diseret-seret celananya nyentuh tanah gitu. ada larangannya loh dari Rasulullah.

“Allah tidak melihat shalat orang yang menarik pakaiannya dengan sombong”. [HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya (781)]
“Barangsiapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, maka Allah tidak melihatnya di hari kiamat”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (3465), Muslim dalam Shohih-nya (2085), Abu Dawud dalam Sunan-nya (4085 & 3465), An-Nasa'iy dalam Sunan-nya (5334 & 5335)dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya (3576)]
“Tiga orang yang tidak diajak bicara oleh Allah, Dia tidak melihat mereka di hari kiamat dan Dia tidak menyucikan mereka, serta mendapat adzab yang sangat pedih: Orang yang menurunkan pakaiannya (melewati mata kaki) dan orang yang mengungkit-ungkit (pemebrian), yaitu orang yang tidak memberikan sesuatu, kecuali diungkit-ungkit; dan menginfakkan barangnya dengan sumpah yang dusta”. [HR. Muslim dalam Shohih-nya(106), Abu Dawud dalam Sunan-nya (4087), At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (1211), An-Nasa'iy dalam Sunan-nya (2564), dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya (2208)]
“Sarung yang ada di bawah mata kaki tempatnya di neraka”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (5887), dan An-Nasa'iy dalam Sunan-nya (5331)]
Waduh ngeri amat ya? Langsung neraka gitu. Tapi tapi jangan ngeri gitu agan-agan ( soalnya ini paling khusus buat cowok..) tenang aja..memang susah y..apa malu ngangkat pakaian / celananya dikit hingga diatas mata kaki? malah bagus deh keliatannya. xixi. Narsis kah saya? :D
Sekali-kali jangan pernah mengatakan ” Ah itu kan jaman dulu..Ah itu kan cuma di arab..Ah kuno ah..masa ngikutin agama serem amat..dikit-dikit neraka? ” Lho? lalu kita sebenernya beragama mau apa? Buat apa? Apa agama cuma label di KTP aja? atau karena malu sama orang-orang? Hmm kayanya musti ati-ati deh gan..soalnya masalah ini penting. Intinya gini..kalau perkara agama dari yang kecil-kecil aja udah disepelin lau bagaimana perkara yang besarnya? Ngerti kan..jangan mikir-mikir yang berat berat dulu deh. Dari yang kecil-kecil dulu aja..kaya masalah ini. Banyak disepelein orang padahal perkaranya bisa aja besar di sisi Alloh. Aduh bukan sok ceramah deh saya, saya masih newbie. Pangkat saya cuma hansip :D ..mari saya tambahkan sedikit perkataan para ‘ulama ya biar ada penjelasannya gitu. Kalau kita nerima ayat atau hadits tanpa penjelasan kan nanti bisa rancu..
Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman -hafizhahullah- berkata, “Sungguh telah kami isyaratkan tentang haramnya isbal, sama saja apakah karena sombong atau tidak, pada kesalahan yang lalu. Barang siapa yang menurunkan pakaiannya bukan karena sombong, maka perbuatannya tersebut adalah wasilah (pengantar) menuju hal itu (yakni, kesombongan)”. [Lihat Al-Qoul Al-Mubin fi Akhtho' Al-Mushollin (hal.34), bagian footnote (3)]
Ibnu QoyyimAl-Jauziyyah telah berkata ketika men-syarah hadits yang berkaitan dengan isbal, “Sisi makna hadits ini –wallahu a’lam: “Sesungguhnya isbal (menurunkan pakaian di bawah mata kaki) adalah perbuatan maksiat”.[Lihat At-Tahdzib ala Sunan Abi Dawud (6/50)]
Syaikhul IslamIbnu Taimiyyah-rahimahullah- berkata, “Panjangnya gamis, celana sirwal, dan seluruh pakaian, jika terlampau panjang, maka seorang tak boleh membuatnya lewat di bawah mata kaki sebagaimana yang telah dicantumkan oleh hadits-hadits yang ada dari Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Isbal itu terdapat pada celana sirwal, sarung, dan gamis”. Maksudnya, beliau melarang dari isbal”.[Lihat Majmu' Al-Fatawa (22/144)]
Nah kalao itu ‘ulama yang jelasin. Kalau saya mah yang ringan ringan aja nyampeinnya, tadi juga saya habis potong celana baru saya itu. Hihi jadi bagus deh, celananya gak kedodoran. Pas banget sedikit diatas mata kaki, keren kalau dipake ngampus. Ah jadi ngebayangin ke kampus di liatin cewek-cewek sambil bisik-bisik ( “ni orang stress ngapain ke kampus?” :D dziig… )
Kalau keseharian mah saya banyaknya pake sirwal aja. Itu loh celana gombrong yang setengah betis, makanya kalaoupun punya celana jeans itu juga yang ala skater punya cuy yang setangah betis juga hehe :D
contoh sirwal
contoh sirwal
skater style
skater style
Nah menurut saya cowok keren itu kaya gitu loh pakaiannya. Salah satunya yaitu gak isbal pakaian / celananya. Tapi sekarang sebenarnya udah agak agak ngetren gitu celana ngatung tapi gak nyunnah juga si hahay.


Pernah atau banyak lihat g sih anak muda jaman sekarang kaya gini? Hadoh untung saya udah tua jadi agak malas2 gitu liatnya xixi kalao menurut mereka mah keren kali ya? ah sudahlah biarkan saja mereka walau saya mendo’akan mereka dan saya untuk kembali ke jalan yang benar ( lho? iiya..karena saya juga nyadar masih agak-agak gimana gitu.. maklum bujangan hehe gak nyambung kali yah :P )
Jadi mulai sekarang yuk..kita dikit-dikit ngangkat pakaian kita biar kita selamat dari ancaman Alloh tersebut..duh jangan pada parno gitu deh. Coba deh ikhlas pasti deh insya alloh dalam ngamalinnya nanti mudah. Kan syarat amalan diterima seseorang adalah niatnya ikhlas dan prakteknya sesuai sunnah. Kalao cacat salah satunya mana bisa keterima. Tul ga? Tul aja deh biar cepet :D
Akhir kata saya mohon maaf  yang sebenar-benarnya. Postingan ini seharusnya harus bisa di release agak2 sorean. Tapi berhubung ada satu dan lain hal jadi saya baru bisa merampungkannya ( halah..sok penting gitu gayanya :D )

Dan plis baca note ini : Jika anda menerima dan membenarkan apa yang saya post disini ya alhamdulillah. Kebenaran kan datangnya dari alloh, Kesalahan ada didiri saya pribadi ( lho koq dah kaya penutupan pidato aja hehe ) dan jika anda menyanggahnya dan tidak setuju ya itu hak anda dan plis jangan menuliskannya di komentar. Lebih baik anda baca aja deh keterangannya disini. Nah nanti disana baru deh debat sama ustadz-ustadz..kalo debat sama saya nanti ujung-ujungnya malahan ribut. Kan saya hansip masa saya ngajakin ribut warga blogger. Waduh gawat nanti anak istri mau makan apa kalau saya di pecat dari jabatan ini ( Pliss deh jangan lebay :D ) tambahan ilustrasi dari Om Google yang keren abiis ^^
Oke lah kalo beg begitu saya sudahi saja postingan ini. Ngantuk saya..


<dg sedikit perubahan tidak merubah esensi>

2 komentar:

  1. Nice share, ijin kopas boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan disalin ataupun disebarluaskan isinya utk kebaikan kaum muslimin
      Barakallahufik

      Hapus